15 dewa gitar dunia


dewa gitar bukan berarti dia yang yang tercepat atau memiliki skill paling bagus tetapi seberapa besar karyanya mempengaruhi perkembangan musik di dunia maupun akhirat. Berikut adalah nama-nama gitaris yang menurut ane pantas menyandang predikat dewa gitar.

1. Jimmi Hendrix

memang kagak salah dia di nomor 1. Jimmy Adalah inspirasi semua gitaris di sepanjang zaman.

2. Jimmy Page

Gitaris Led Zeppelin ini memang salah satu gitaris hebat di eranya. Kagak salah dia menjadi inspirasi lagu rock zaman sekarang

3. Eddie Van Halen

Pelopor teknik tapping ini adalah gitaris yang menjadi inspirasi aliran hardrock. Lagu Eruption sangat mencengangkan dengan teknik tapping yang dia ciptakan

4. Gary Moore

Salah satu pelopor hardrock selain eddie van halen pada zamannya.

5. Ritchie Blackmore

mantan gitaris Deep Purple ini yang mendirikan Rainbow ini adalah cikal bakal lahirnya permainan shredding. Dan lagu Smoke on the Water yang diciptakannya saat bergabung dengan Deep Purple menjadi lagu rock terbaik sepanjang zaman.

6.  Joe Satriani

Kalau yang ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Gitaris Chikenfoot  yang sekaligus penggagas G3 ini tidak pernah kehabisan inspirasi. Sudah lebih dari 25 tahun karir solonya dan menelurkan puluhan album dan lagu-lagunya banyak yang menjadi hits. Bahkan steve vai menyatakan “selama joe masih berkarya saya tidak akan kehilangan inspirasi”. Kalau ane bilang sih bang joe yang bisa bikin gitarnya bernyanyi.

7.  Michael Schenker

Karirnya mulai menanjak saat dia bergabung dengan abangnya di Scorpions. Kemampuannya lebih menonjol, tapi dia dipecat karena suka mabok. lalu bikin MSG( Michael Schenker Group). Hebatlah pokonya.

8. Yngwie Malmsteen

Ini dia bapaknya shredder. Menggemparkan dunia gitar dengan corak Neo Classical. Dia mentraskrip permainan orkestra ke dalam gitar. Warna “Neo-Classical” yang di bawahkan Yngwie adalah berdasarkan struktur komposisi dari J.S Bach (1685-1750) dan Niccolo Paganini (1782-1840).

9.  Steve Vai

Murid joe satriani ini adalah dewa gitar yang menguasai  semua teknik gitar. Ciri khasnya pas main gitar mulutnya itu loh ga bisa mingkem.

10. Paul Gilbert

Mengawali karir dengan Racer-x lalu bergabung dengan Band hardrock MR.BIG. Salah satu dengan permainan yang tercepat dan skill abis mainnya.

11. John Petrucci

Gitaris yang merupakan salah satu pendiri Dream Theater, memiliki permainan yang progresive. Terus terang ane merasa kesulitan mengikuti lagu-lagunya di Dream Theater dan menurut ane dia gitaris yang paling-paling bersih mainnya.

12. nuno bettencourt

Corak permainannya sangat berbeda yaitu funk metal. Terdengar lebih ngepop tetapi gitarnya tetap metal. Permainan pickingnya dalam mengocok senar memang keren abis. Kalau di indonesia seperti funkop.

13. michael angelo batio

satu kata untuk batio “gilaaaa”. Main cepat banget namun yang mencengangkan dia bisa bermain simultan antara tangan kiri dan tangan kanan bersamaan.

14. richie kotzen

Sudah pernah gabung dengan Poison dan MR.BIG berarti skillnya tidak usah diragukan lagi. Dia bisa merubah corak musik Band yang dimasukinya.

15. jason becker

Masih umur 16 tahun udah bikin album sama Marty Friedman di  band yand bercorak speed metal  Cacophony. Sayang banget murinya Richie Kotzen ini di usianya yang masih muda dia kena penyakit syaraf yang membuatnya lumpuh dan tidak dapat menggerakkan tubunya. dia juga salah satu gitaris yang tercepat.


About this entry