biografi white lion


White Lion adalah rock  yang dibentuk di New York City pada tahun 1983 oleh vokalis Mike Tramp dan gitaris Vito Bratta.  pada tahun 1980 dan awal 1990-an, band ini mencapai  platinum ganda dengan lagu “Wait” dan  “When Children Cry”  dari album kedua mereka Pride. Band ini melanjutkan kesuksesan mereka dengan ketiga mereka Big Game. Setelah album keempat Mane Attraction, White Lion bubar pada tahun 1992, tetapi direformasi lagi oleh Tramp pada tahun 1999 dengan semua musisi baru.

Setelah pindah dari Denmark ke New York pada tahun 1983, vokalis Mike Tramp bertemu gitaris Vito Bratta dan memutuskan untuk membentuk sebuah band. Lalu merekrut drummer Nicki Capozzi dan bassis Felix Robinson dan terbentuklah  White Lion. White Lion menjalani kontrak rekaman dengan Elektra Records pada 1984 dan merekam debut album mereka Fight to Survive, namun Elektra Records tidak senang dengan rekaman terakhir, dan setelah menolak untuk merilis album, kontrak mereka dihentikan.  Capozzi dan Robinson segera meninggalkan band. Nicki Capozzi digantikan oleh mantan drummer Anthrax Greg D’Angelo, dan Felix Robinson digantikan oleh bassist Dave Spitz, sebulan bergabung Dave Spitz bermain bass untuk  Black Sabbath dan digantikan oleh James LoMenzo.

Awal tahun 1987, band ini dikontrak oleh Atlantic Records dan pada 21 Juni 1987 album Pride dirilis. Single pertama, “Wait”, dirilis pada tanggal 1 Juni 1987, tetapi tidak mencapai tangga lagu selama hampir tujuh bulan. Tur Pride dimulai pada bulan Juli 1987  White Lion  menjadi band pembuka  Ace Frehley’s Frehley’s Comet. Tahun berikutnya hampir penuh dengan tur konstan, menjadi pembuka untuk band-band seperti Aerosmith, Ozzy Osbourne, Stryper dan KISS.  Sementara menjalani tur dengan AC / DC, single “wait” pada album Pride mauk tangga lagu, ini disebabkan oleh tidak adanya  MTV menyiarkan video musik lagu “Wait” hampir tujuh bulan setelah rilis tunggal. “Wait” masuk  # 8 di tangga lagu, sedangkan Pride masukt # 11 di tangga album.Abum Pride tetap di Top 200 chart album Billboard selama setahun penuh.

Pada bulan Agustus 1988, album single kedua “Tell Me” mencapai # 58. Sekitar waktu single ini dirilis, White Lion bermain di klub Ritz di New York City. Acara tersebut direkam dan kemudian ditayangkan di MTV. Single ketiga “When Children Cry”, berhasil mencapai # 3 di chart dengan diputar di heavy MTV airplay, menjadikan album  Pride salah satu dari sekitar 20 album hard rock yang pernah memiliki beberapa top 10 hits. Keberhasilan “When Chilfren Cry” pada akhirnya akan mendorong penjualan album Pride diatas dua juta copy. Selain itu, Vito Bratta dikenal untuk instrumental talent menerima penghargaan Gitaris pendatang baru terbaik oleh majalah Guitar World dan majalah Guitar for the Practicing Musician. Pada musim semi tahun 1989, tur Pride akhirnya berakhir, dan mereka segera mulai bekerja di album berikutnya.

Pada bulan Agustus 1989, White Lion merilis album ketiga mereka yaitu Big Game, Tidak seperti kebanyakan band dari genre mereka, White Lion sesekali merekam lagu-lagu yang bertemakan  masalah-masalah sosial atau politik seperti apartheid (“Cry for freedom”) dan pengaruh perceraian pada anak-anak (“Broken Home”). Lagu “Little Fighter” adalah tentang Rainbow Warrior,  sebuah kapal yang dimiliki oleh kelompok lingkungan hidup Greenpeace yang dihancurkan oleh koperasi dari dinas intelijen Prancis. Perhatian untuk masalah politik dan sosial juga mengisyaratkan di dalam seni penutup album Big Game, yang menampilkan kepala singa tersembunyi di dalam rumput tinggi dengan Gedung Putih di latar belakang. Pada tauhn 1992 mereka memilih untuk bubar dan berkarir masing-masing.

Pada tahun 1999 Mike Tramp dibantu dengan musisi baru, merilis Remembering White Lion, yang menampilkan versi baru dari beberapa lagu klasik White Lion’s. Pada bulan Oktober 2003, Tramp mengumumkan reuni White Lion dengan anggota asli. Pernyataan ini segera dibantah oleh mantan anggota lainnya. Kemudian Tramp mengatakan bahwa Vito Bratta ingin tidak ada hubungannya dengan reuni. Dengan festival musim panas di Eropa sudah dipesan, Tramp mencoba untuk mengumpulkan ” New White Lion” yang menampilkan mantan anggota James LoMenzo dan Jimmy DeGrasso, bersama dengan Warren Demartini dari Ratt. Vito Bratta mengajukan gugatan mengklaim kepemilikan parsial dari nama, dan wisata itu dihapuskan. Tramp kemudian berkomentar bahwa meskipun kesediaannya, “Tidak akan pernah ada sebuah reuni asli White Lion”.

Pada tahun 2005, Mike Tramp dibantu  kelompok  musisi lainnya membetuk  Tramp’s White Lion. ‘TWL’ (White Lion 2) memainkan lagu-lagu White Lion, tur dan merilis sebuah CD ganda live berjudul Tramp’s White Lion: The Rockin ‘USA. Pada bulan November dan Desember 2006, Tramp’s White Lion dimainkan beberapa tanggal di Eropa termasuk Swedia, Norwegia, Spanyol, Italia, Yunani, Turki, Jerman, Belanda, Belgia dan Denmark.

Pada tanggal 16 Februari 2007, Vito Bratta muncul di acara radio  Eddie Trunk di New York, menyatakan bahwa meskipun apa yang telah Mike Tramp katakan, ia sebenarnya tidak pernah menolak reuni White Lion, ia menyatakan bahwa satu-satunya alasan dia tidak dapat berpartisipasi adalah karena penyakit ayahnya. Dia menambahkan bahwa ia masih akan terbuka untuk ide dan belum menutup pintu untuk kembali ke industri musik lagi. Radio tersebut menjelaskan bahwa keterlibatan Bratta dalam acara itu sesuatu yang ia ingin terjadi sejak White Lion bubar pertama kali pada tahun 1992. Bratta mengambil panggilan dan menjawab pertanyaan dari penggemar selama hampir 3 jam. Pada tanggal 6 dan 7 2007, di L’Amours Reunion Acara di New York, Bratta membuat penampilan pertamanya di publik sekitar lebih dari 15 tahun vakum dari industri musik.

Tiga minggu kemudian Mike Tramp menjadi bintang tamu acara yang sama dari Australia, berbicara tentang Bratta dan album baru band ini, termasuk jadwal tur yang Tramp’s White Lion baru-baru ini dikonfirmasi. Tramp mengatakan bahwa dia bersyukur bahwa Bratta akhirnya menjawab pertanyaan fan, pertanyaan yang sama dia sendiri telah diminta berkali-kali selama 15 tahun terakhir. Dia juga menyatakan bahwa ia merasa tidak nyaman menjawab atas nama Vito, dan bahwa dia marah karena Vito telah ditarik diri dari industri musik.  White Lion membuat  Koleksi album ini dirilis pada tahun 2007.


dowload album Pride


About this entry